Konsultan jasa survey pengukuran lahan

PEKERJAAN TIMBUNAN   |  https://jasaukur.com

CAKUPAN PEKERJAAN TIMBUNAN dan BAHAN TIMBUNAN   | jasa pengukuran lahan

Pengadaan, pengangkutan, penghamparan dan pemadatan tanah atau bahan berbutir yang disetujui untuk: – Jasa pengukuran lahan

jasa pengukuran lahan
  1. Pembuatan timbunan,
  2. Penimbunan kembali galian pipa atau struktur, dan
  3. Timbunan umum, yang diperlukan untuk membentuk dimensi timbunan sesuai dengan garis, kelandaian, dan elevasi penampang melintang yang disyaratkan atau disetujui.

Jasa Pengukuran Lahan

Timbunan yang dicakup oleh ketentuan dalam Seksi ini harus dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

  1. timbunan biasa,
  2. timbunan pilihan

Timbunan pilihan akan digunakan untuk :

  1. Lapis penopang (capping layer) guna meningkatkan daya dukung tanah  dasar,
    1. Material timbunan di daerah saluran air dan lokasi serupa dimana bahan yang plastis sulit dipadatkan dengan baik.
    1. Stabilisasi  lereng atau
    1. Pekerjaan pelebaran timbunan jika diperlukan lereng yang lebih curam karena keterbatasan ruangan, dan Pekerjaan timbunan lainnya dimana kekuatan timbunan adalah faktor yang kritis.
  • timbunan pilihan di atas tanah rawa.

Timbunan pilihan di atas tanah rawa akan digunakan untuk :

  1. Melintasi daerah yang rendah dan selalu tergenang oleh air, yang menurut pendapat Direksi Pekerjaan tidak dapat dialirkan atau dikeringkan dengan cara yang diatur dalam Spesifikasi ini.

Jasa Survei Tanah

Jasa pengukuran Bangunan

Pekerjaan yang tidak termasuk bahan timbunan yaitu :

  1. Bahan yang dipasang sebagai landasan untuk pipa atau saluran beton,
  2. Bahan drainase porous yang dipakai untuk drainase bawah permukaan atau untuk mencegah hanyutnya partikel halus tanah akibat  proses penyaringan.

Perencanaan Jalan

Perencanaan Jembatan

Toleransi Dimensi :

  1. Elevasi dan kelandaian akhir setelah pemadatan harus tidak lebih  tinggi atau lebih rendah 2 cm dari yang ditentukan atau disetujui.
  2. Seluruh permukaan akhir timbunan yang terekspos harus cukup rata dan harus cukup kelandaiannya, untuk menjamin aliran air permukaan yang bebas.
  3. Permukaan akhir lereng timbunan tidak boleh bervariasi lebih dari 10 cm dari garis profil yang ditentukan.
  4. Timbunan tidak boleh dihampar dalam lapisan dengan tebal padat lebih dari 20 cm atau dalam lapisan dengan tebal padat kurang dari 10 cm.

BAHAN TIMBUNAN | Jasa pengukuran tanah | https://jasaukur.com

Timbunan Biasa     | jasa pengukuran topografi | https://jasaukur.com

  1. Timbunan yang diklasifikasikan sebagai timbunan biasa harus terdiri dari  bahan galian tanah atau bahan galian batu yang disetujui oleh Direksi Pekerjaan sebagai bahan yang memenuhi syarat untuk digunakan dalam pekerjaan permanen seperti yang dipersyaratkan dalam Spesifikasi.

Perencanaan Bangunan

Perencanaan Gedung Negara

KONSULTAN STRUKTUR GEDUNG
  • Bahan yang dipilih sebaiknya tidak termasuk tanah yang  berplastisitas tinggi, yang diklasifikasikan sebagai A-7-6 menurut AASHTO M145 atau sebagai CH menurut “Unified atau Casagrande Soil Classification System”. Bila penggunaan tanah yang berplastisitas tinggi tidak dapat dihindarkan, bahan tersebut harus digunakan hanya pada bagian dasar dari timbunan atau pada penimbunan kembali yang tidak memerlukan daya dukung atau kekuatan geser yang tinggi.  Tanah plastis seperti itu sama sekali tidak boleh digunakan pada 30 cm lapisan langsung di bawah bagian dasar perkerasan atau bahu Jalan atau tanah dasar bahu Jalan. Sebagai tambahan, timbunan untuk lapisan ini bila diuji dengan SNI 03-1744-1989,  harus  memiliki  CBR setelah  perendaman  4  hari bila dipadatkan 100 % kepadatan kering maksimum (MDD) seperti yang ditentukan oleh SNI 03-1742-1989.

Pemborong alat berat

Pekerjaan cut and fill

  • Tanah sangat expansive yang memiliki nilai aktif lebih besar dari 1,25,  atau derajat pengembangan yang diklasifikasikan oleh AASHTO T258 sebagai “very high” atau “extra high“, tidak boleh digunakan sebagai bahan timbunan. Nilai aktif adalah perbandingan antara Indeks Plastisitas / PI – (SNI 03-1966-1989) dan persentase kadar lempung (SNI 03-3422-1994).

Timbunan Pilihan   |         jasa survey pemetaan         |           https://jasaukur.com

  1. Timbunan hanya boleh diklasifikasikan sebagai “Timbunan Pilihan” bila  digunakan pada lokasi atau untuk maksud dimana timbunan pilihan telah ditentukan atau disetujui secara tertulis oleh Direksi Pekerjaan. Seluruh timbunan lain yang digunakan harus dipandang sebagai timbunan biasa (atau drainase porous bila ditentukan atau disetujui sesuai dengan Seksi 2.4 dari Spesifikasi)

Jasa pengukuran lahan

  • Timbunan yang diklasifikasikan sebagai timbunan pilihan harus terdiri dari bahan tanah atau batu yang memenuhi semua ketentuan di atas untuk timbunan    biasa  dan sebagai tambahan harus memiliki sifat-sifat tertentu yang tergantung dari maksud penggunaannya, seperti diperintahkan atau disetujui oleh Direksi Pekerjaan. Dalam segala hal, seluruh timbunan pilihan harus, bila diuji sesuai dengan SNI 03-1744-1989, memiliki CBR paling sedikit 10.% setelah 4 hari perendaman bila dipadatkan sampai 100.% kepadatan kering maksimum sesuai dengan SNI 03-1742-1989.
  • Bahan timbunan pilihan yang akan digunakan bilamana pemadatan dalam keadaan jenuh atau banjir yang tidak dapat dihindari, haruslah pasir atau kerikil atau bahan berbutir bersih lainnya dengan Indeks Plastisitas maksimum 6 %.
  • Bahan timbunan pilihan yang digunakan pada lereng atau pekerjaan stabilisasi timbunan atau pada situasi lainnya yang memerlukan kuat geser yang cukup, bilamana dilaksanakan dengan pemadatan kering normal, maka timbunan pilihan dapat berupa timbunan batu atau kerikil lempungan bergradasi baik atau  lempung pasiran atau lempung berplastisitas rendah. Jenis bahan yang dipilih, dan disetujui oleh Direksi Pekerjaan akan tergantung pada kecuraman dari lereng yang akan dibangun atau ditimbun, atau pada tekanan yang akan dipikul.

Timbunan pilihan di atas Tanah Rawa |  Jasa Pengukuran Lahan| https://jasaukur.com

Bahan timbunan pilihan di atas tanah rawa haruslah pasir atau kerikil atau bahan berbutir bersih lainnya dengan Index Plastisitas maksimum 6 %.

Ingin belajar linux bisa klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *