Jasa survey topografi

dalam memilih tukang ukur tanah yang baik itu maka banyak aspek yang harus diperhatikan, aspek tersebut adalah ? :

  1. Legalitas jasa survey topografi

Pastikan jasa survey yang anda pilih adalah memiliki legalitas yang lengkap. Legalitas konsultan teknik adalah dokumen atau surat yang menyatakan bahwa seorang konsultan teknik memiliki hak dan kewenangan untuk memberikan layanan konsultasi teknik sesuai dengan bidang yang telah ditentukan. Legalitas konsultan teknik biasanya diperoleh melalui sertifikasi atau lisensi yang dikeluarkan oleh lembaga atau institusi yang berwenang.

  1. Tenaga Profesional

Tenaga kerja yang melakukan kegiatan ini adalah individu yang memang meiliki background pendidikan teknik survey atau tenaga geomatika.

jasa survey topografi

 jasa survey topografi

Selain itu tenaga kerja harus bersertifikat dan mampu melakukan pekerjaan survey berikut pengolahan data lapangan. Data lapangan harus diolah sedemikian rupa sehingga bisa disajikan dalam bentuk laporan.

  1. Peralatan memadai

Peralatan utama dan pendukung harus dalam keadaan baik dan berfungsi sebagaimana mestinya. Alat tersebut tidak harus baru buka bungkus dari pabrikan, tetapi secara berkala harus dilakukan kalibrasi supaya hasil pengukuran tidak bias, artinya sesuai dengan kondisi aktual.

  1. Berpengalaman dalam bidang jasa survey topografi

Pastikan juga yang dipilih adalah berpengalaman, baik dari sisi personel surveyor maupun perusahaan atau badan usaha yang menaungi surveyor bekerja. Sehingga jaminan kualitas pekerjaan yang dihasilkan juga bisa dipertanggung jawabkan.

  1. Cepat

Apapun keperluanya, baik untuk keperluan pembangunan infrastruktur maupun pendataan aset tanah semua memiliki jadwal pelaksanaan kerja, jadwal tersebut harus senantiasa dilakukan pemantauan yang baik sesuai yang diharapkan dengan rencana kerja.

  1. Akurat

Kualitas utama dari jasa survey topografi adalah akurasi, toleransi yang diijinkan adalah 2 mm setiap titik titik koordinat yang dibaca, baik elevasi maupun lokasi sumbu X, dan sumbu Y. Kalibrasi alat umumnya dilakukan setiap 6 bulan sekali atau ketika dirasa alat ada penyimpangan.

  1. Terjangkau

Selain ke enam faktor diatas, faktor terakhir adalah terjangkau, artinya dari sisi jarak, waktu dan biaya sesuai dengan rencana keperluan perusahaan.

Baca Juga :  Jasa Survey Topografi Balikpapan

HOME