Jasa Survey Topografi Balikpapan

jasa survey topografi balikpapan

jasa survey topografi Balikpapan

8 Negara yang memindahkan Ibu Kota Negara

  1. Nigeria

Negara ini awalnya memiliki Ibu Kota Negara di kota Lagos sejak Negara ini merdeka, kota Lagos dipilih karena lokasi yang strategis dan menjadi kota yang perkembangan ekonomi dan bisnisnya paling maju saat itu.

Pada tahun 1991 Pemerintah Nigeria resmi memindahkan dari kota  Lagos ke kota Abuja. Pemindahan ini adalah pemindahan ibukota pemerintahan administrative saja, sementara untuk pusat bisnis dan ekonomi masih berada di kota Lagos.

  1. Pakistan

Lain Nigeria lain pula Pakistan, di Negara mayoritas muslim yang berbatasan langsung dengan India ini juga memindahkan Ibu Kota Negara dari Karachi menuju Islamabad, pemindahan Negara ini dilakukan karena kondisi dan situasi keamanan yang tidak kondusif.

Pemindahan ini bersifat total yakni pemindahan kota administrative pemerintahan dan pemindahan pusat bisnis.

  1. Brasil

Negara beberapa kali menjadi juara piala Dunia ini juga memindahkan ibu kota dari Rio de Janeiro ke kota Brasilia pada tahun 1956, Pemindahan ibu kota ini didasari kebutuhan akan jaminan keamanan dan peningkatan ekonomi.

  1. Myanmar

Di Asia Tenggara, muncul Negara Myanmar yang melakukan pindah ibu kota, bahkan tidak pindah ibu kota, Negara ini juga mengubah nama Negara dari Burma menjadi Myanmar.

  1. Turki

Negara yang termasuk dalam benua Eropa ini memindahkan pusat ibu kota dari Istanbul ke Ankara pada 13 Oktober 1923 dikarenakan saat itu terjadi peristiwa yang disebut reformasi ataturk.

  1. Malaysia

Selain Myanmar, Negara   Asia Tenggara yang melakukan pindah ibu kotaa adalah Malaysia, Negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia ini melakukan pindah ibu kota dari Kuala lumpur ke Putra Jaya. Putra Jaya dipilih menjadi ibu kota Negara baru pada tahun 1995, Negara yang serig kita sebut Jiran ini memindahkan ibu kota Negara administrative saja, sementara pusat bisnis tetap berada di Kuala Lumpur.

Baca Juga :  Pelaksanaan dan Pelaporan Survey Batimetri

Pemberian nama Putra Jaya ini adalah menggunakan nama perdana menteri yang pertama, selain itu Putra Jaya mendapatkan penghargaan sebagai Ibu Kota Negara paling hijau di dunia.

  1. Kazakhstan

Terakhir Negara yang mengubah / memindahkan ibu Negara adalah Kazakhstan.

  1. Indonesia

Rencana pemerintah untuk memindahkan pusat pemerintahan Ibu Kota Negara Sudah terealisasi dengan benar. Setelah sempat tertunda selama kurang lebih 1,5 tahun akibat bencana Pandemi yang menerpa wilayah Indonesia, Pemerintah melalui undang undang IKN (Ibu Kota Negara) yang saat ini sedang disahkan di DPR dari RUU menjadi UU.

Jasa Survey Topografi Balikpapan

Pemindahan Ibu Kota Negara bukanlah hal yang baru atau dikerjakan secara mendadak, Berikut ringkasan sejarah tonggak Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia :

  1. Masa Persiapan Kemerdekaan

Pendiri bangsa Indonesia memilih Jakarta bukan tanpa alasan, Bahkan Jakarta bukanlah kota pertama yang dipilih, alternatifnya waktu itu antara lain Bengkulu, Sabang dan Yogyakarta.

  1. Masa Pemerintahan Presiden Soekarno

Bung Karno pernah mencetuskan ide untuk memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Pulau Kalimantan, tepatnya di Kota Pontianak provinsi Kalimantan Barat.

Proses pemindahan Ibu Kota Negara ini urung dilaksanakan karena kondisi keamanan Negara yang tidak kondusif di era presiden kelahiran Kota Blitar tersebut.

  1. Masa Pemerintahan Presiden Soeharto

Kondisi Provinsi DKI Jakarta sebagai pusat Ibu Kota Negara sudah mulai menampakkan kepadatan, maka pada tahun 1997, presiden Soeharto mengeluarkan keputusan pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kawasan baru di daerah Jonggol, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Cetak biru proyek strategis nasional ini sudah ada, lahan juga sudah tersedia, hanya saja rencana ini tidak jadi dilakukan karena stabilitas geopolitik pada tahun 1998 memaksa presiden untuk mudur dari jabatan.

  1. Masa Pemerintahan Presiden SBY

Tidak seperti era presiden sebelumnya (B.J Habibie, Gus Dur dan Megawati) yang tidak membahas mengenai rencana Ibu Kota Negara, presiden SBY mengeluarkan rencana pemindahan Ibu Kota Negara dengan opsi pilihan sebagai berikut :

  1. Mempertahankan Jakarta tetapi membenahi segala bentuk permasalahan Ibu Kota Negara.
  2. Memindahkan Ibu Kota Negara tetap berada di dalam pulau Jawa.
  3. Memindahkan Ibu Kota Negara ke wilayah luar pulau Jawa.
  4. Masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Tepat satu hari setelah pelaksanaan pemilu tahun 2019, melalui siaran pers resmi biro secretariat negara, Presiden Joko Widodo dihadaan para menteri dalam cabinet dan didampingi oleh wakil presiden Muhammad Jusuf Kalla waktu itu, Menyampaikan gagasan besar dengan memilih sebuah area di Kalimantan Timur dengan ciri – ciri wilayah sebagai berikut :

  1. Tanah sudah dalam penguasaan negara
  2. Aman dari bencana alam
  3. Memiliki cadangan energy
  4. Memiliki simber mata air yang besar
  5. Memiliki fasilitas infrastruktur
Baca Juga :  Hidrografi dan Teknologi Pendukung Survei Laut

Jasa survey topografi Balikpapan

Kemudian pertanyaan besar selanjutnya, dimanakah sebenarnya lokasi Ibu Kota Negara tersebut??

  1. Palangkaraya

  2. Mamuju Sulawesi Barat

  3. Samarinda / Balikpapan Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo yang sudah memerintah selama dua periode jabatan, berikut jajaran menteri bahkan sudah meninjau calon lokasi pusat ibu kota baru ini, bahkan dikesempatan khusus presiden sudah berkemah untuk merasakan langsung calon suasana Ibu Kota Negara.

Melalui perjalanan yang tiak sebentar, Negara Indonesia pada tahun 2019 memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakartaa ke lokasi baru. Dasar pemikiran, perhitungan dan analisa pemindahan Ibu Kota Negara sebenarnya sudah ada sejak lama dicetuskan oleh pemimpin bangsa Indonesia atau presiden terdahulu.

Demikian uraian mengenai Ibu Kota Negara, jika ada kebutuhan mengenai jasa pengukuran tanah di Balikpapan bisa menghubungi kami.

Jasa survey topografi balikpapan

Jasa survey topografi balikpapan