Hidrografi dalam jasa survey batimetri

https://jasaukur.com – Hidrografi adalah ilmu yang mempelajari dan menggambarkan bentuk fisik bagian permukaan bumi yang dilingkupi air, termasuk daratan yang berbatasan dengan perairan (Poerbandono & Djunarsjah, 2005; International Hydrographic Organization, 1994, 2009). Permukaan bumi yang dilingkupi air mencakup: permukaan dan kolom air, juga dasar perairan, serta perubahan parameter tersebut terhadap waktu.

Aplikasi pengetahuan hidrografi adalah survei hidrografi atau survei laut. Umumnya survei laut menerapkan teknologi akustik dasar laut melalui penggunaan echosounder. Teknologi ini memanfaatkan proses perambatan suara pada medium air yang kemudian memberikan informasi dasar perairan dan penentuan posisi di perairan.

Perkembangan teknologi saat ini juga memungkinkan survei dengan menggunakan teknologi remote sensing dengan memanfaatkan satelit yang dilengkapi oleh LIDAR (light detection and ranging), perangkat optik jarak jauh yang mengukur properti cahaya untuk menentukan jarak.

Skema Teknologi Survey Batimetri Laut

sederhana di Poerbandono (2015) mengilustrasikan pemanfaatan teknologi dalam survei laut

Teknologi pendukung survei laut: perangkat navigasi sistem global, pengukuran batimetri dengan menggunakan laser dari udara (airborne laser bathymetry) dan echosounder (multi beam echo sounder) dibantu dengan peta navigasi elektronik (electronic navigation chart) dan penentu posisi bawah air (Underwater positioning system), serta model laut (ocean modelling) dan wahana bawah air (underwater vehicles), sumber: Poerbandono (2015).

Hasil Survey Batimetri Laut

Hasil utama dari survei tersebut adalah data topografi dasar laut (batimetri), dan khususnya direferensikan bagi penggunaan navigasi laut. Untuk memperoleh peta batimetri yang akurat, diperlukan pengamatan pasang surut. Profil kontur pada peta batimetri juga harus terdefinisi dengan baik terhadap muka laut rata-rata (mean sea level, MSL) dan peta informasi kedalaman laut (chart datum).

baca juga : Jasa Survey Batimetri Surabaya – Profesional Dan Terpercaya

Informasi lain yang didapatkan dari survei adalah sifat atau kondisi dari topografi dasar laut (contoh: pasir, lumpur, dan batuan). Informasi tersebut berguna bagi kegiatan pengerukan dasar laut, pembangunan struktur dasar laut: pipa dan kabel, dan penggunaan jangkar bagi penambatan kapal. Sehingga hasil survei laut diharapkan mencakup: batimetri, kondisi pasang surut, arus dan gelombang laut, arah dan besaran angin, serta kondisi dari topografi dasar laut.

Baca juga : Sejarah Dewan Hidrografi Indonesia

Untuk keerluan jasa survey batimetri bisa menghubungi kami, fast response 0813 3300 4422. Terimakasih