Jasa Ukur Tanah. Mengenal Oceanografi Secara Lebih Dalam

Jasa Ukur Tanah Kata oseanografi merupakan sebuah gabungan dari dua kata yang berasal dari bahasa Yunani: oceanus (samudera) dan graphos (penjelasan), jadi oseanografi berarti penggambaran samudra. Namun ruang lingkup oseanografi sebenarnya bukan sekedar mengenai lautan, karena lautan itu sendiri melibatkan berbagai jenis disiplin ilmu saat ingin diungkap.

Pada pembahasan kali ini lebih difokuskan untuk fisika kelautan. Planet Bernie adalah anggota unik dari tata surya, di mana lautan mencakup luas permukaan total ± 140 juta mil persegi ± 200 juta mil persegi.

Artinya, lautan menutupi sekitar 70% luas dipermukaan bumi dan mengandung sekitar ±350 juta mil kubik air. Selain zat terlarut lainnya, juga mengandung 3,5% garam terlarut, yang setara dengan 160 juta ton garam per mil kubik (Bhatt, 1978). Interaksinya dengan atmosfer dapat mempengaruhi pola iklim secara global.

Potensi sumber daya alam yang melimpah tentunya dapat mempengaruhi secara baik atau buruk hubungan antar berbagai negara. Fenomena dinamisnya, seperti pasang surut, arus laut, transportasi massal, dll, termasuk sebuahh fenomena yang belum bisa diungkap secara jelas, seperti El Nino dan Ianina, membutuhkan informasi dari banyak negara.

jasa ukur tanah

jasa ukur tanah

Jasa Ukur Tanah. Pentingnya Laut Untuk Kehidupan Manusia

Semua fakta itu menegaskan pentingnya laut untuk kehidupan nasional, regional dan juga internasional. Hal ini juga menegaskan pentingnya oseanografi untuk lebih diperhatikan, dipahami dan bahkan dieksplorasi oleh para intelektual yang tertarik di dalamnya.

Orang yang ingin mempelajari laut lebih mendalam disebut ahli kelautan. Oseanografi sendiri biasanya dinyatakan berdasarkan empat buah kategori keilmuan, yaitu fisika, biologi, kimia, dan juga geologi (Stowe, 1983). Oseanografi fisik mengkhususkan diri dalam studi tentang semua sifat fisik dan karakteristik yang membentuk sistem fluida.

Baca Juga :  Siklus Air Adalah Hal yang Penting Dalam Kehidupan Manusia

Oseanografi biologis mempelajari aspek biologis laut untuk mengungkapkan berbagai jenis siklus hidup organisme yang ada di laut. Oseanografi kimia berfokus pada berbagai interaksi dan proses reaksi antara unsur-unsur, molekul atau campuran dalam sistem laut yang menyebabkan perubahan materi yang dapat dibalik atau tidak dapat diubah.

Oseanografi geologi berfokus pada konstruksi dasar laut yang terkait dengan struktur dan evolusi cekungan laut. Beberapa aspek penting oseanografi sulit untuk diklasifikasikan ke dalam salah satu dari empat disiplin ilmu di atas, seperti geofisika, biofisika, nutrisi, antropologi, antropologi, meteorologi, dan farmakologi.

Selain itu, oseanografi juga dipengaruhi oleh ilmu-ilmu yang tidak termasuk ilmu murni, seperti sejarah, hukum, atau sosiologi. Selain itu, cabang baru oseanografi kini telah dikembangkan, yang disebut Oseanografi Terapan. Karena uraian ahli kelautan akan mencakup ilmu yang kompleks.

Sejarah Oseanografi Fisik JJ Bhatt dari Rhode Island Junior College (1978) membagi sejarah oseanografi menjadi beberapa zaman, yaitu zaman klasik, zaman sebelum penantang, zaman sesudah penantang, zaman sesudah penantang, dan Glomar Penantang zaman.

Asal usul oseanografi tidak pasti, karena manusia purba tidak melakukan pencatatan secara sistematis, baik dalam bentuk diary maupun diary pribadi. Para arkeolog mendokumentasikan perjalanan laut yang panjang dan sulit dari orang Polinesia dan India prasejarah.

Pedagang dari India Timur sudah memiliki pemahaman yang cukup mendalam tentang arus muson, karena perjalanan laut biasa terjadi di kawasan Samudera Hindia sekitar 3000 MS. Kemudian datang orang Punisia dan Yunani yang sering berlayar di perairan Mediterania dari tahun 1500 SM hingga 1600 SM.

Sekitar tahun 150 M, Claudius Ptolemy memetakan Samudra Atlantik dan Hindia dalam bentuk dua samudra tertutup. Hal ini bebarengan dengan masa ketika beberapa instrument navigasi juga ikut ditemukan. Salah satunya yaitu kompas danastrolabe, alat ini merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tinggi bintang di negara Cina.

Baca Juga :  Jasa survey topografi Jakarta

Jika Anda membutuhkan jasa survei batimetri, untuk informasi lebihh lanjut bisa menghubungi Jasaukur.com.

Jasaukur.com kami berpusat di Jakarta dg Cakupan wilayah kerja seluruh indonesia, sudah banyak perusahaan dan swasta yg mempercayakan kebutuhan jasa ukur mereka ke kami, karena kami adalah penyedia jasa survey tanah terpercaya, akurat dg biaya kompetitif.