Konsultan survey jalan dan jembatan

Berdasarkan tulisan sebelumnya mengenai metode polygon, maka kali ini Konsultan survey jalan dan jembatan akan membahas mengenai jenis – jenis polygon terutama untuk pekerjaan jalan dan jembatan.

Metode poligon merupakan bentuk yang paling baik di lakukan pada bangunan karena memperhitungkaan bentuk kelengkungan bumi yang pada prinsipnya cukup di tinjau dari bentuk fisik di lapangan dan geometriknya.

Berbagai bentuk poligon mudah dibentuk untuk menyesuaikan dengan berbagai bentuk medan pemetaan dan keberadaan titik – titik rujukan maupun pemeriksa.

Konsultan survey jalan dan jembatan

Ketelitian umum dikaitkan dengan jenis dan atau tahapan pekerjaan yang sedang dilakukan.

Tingkat ketelitian sistem koordinat yang diinginkan dan kedaan medan lapangan pengukuran merupakan faktor-faktor yang menentukan dalam menyusun ketentuan poligon kerangka dasar.

Sistem koordinat dikaitkan dengan keperluan pengukuran pengikatan. Medan lapangan pengukuran menentukan bentuk konstruksi pilar atau patok sebagai penanda titik di lapangan

Konsultan survey jalan dan jembatan

Konsultan survey jalan dan jembatan

Baca Juga : Perpustakaan online BPN

Jenis – jenis polygon

Konsultan survey jalan dan jembatan

Jenis – jenis yang akan kita bahas pada pekerjaan jasa survey jalan dan jembatan adalah sebagai berikut :

Pertama Polygon tertutup

Kedua Polygon terbuka

Poligon digunakan apabila titik-titik yang akan dicari koordinatnya terletak memanjang sehingga membentuk segi banyak (poligon).

Ketiga Polygon bercabang

Cara pengukuran polygon merupakan cara yang umum dilakukan untuk pengadaan kerangka dasar pemetaan pada daerah yang tidak terlalu luas sekitar (20 km x 20 km).

Keempat Polygon geometrik terikat sempurna

Suatu poligon yang terikat sempurna dapat terjadi pada poligon tertutup ataupun poligon terbuka, suatu titik dikatakan sempurna sebagai titik ikat apabila diketahui koordinat dan jurusannya minimum 2 buah titik ikat dan tingkatnya berada diatas titik yang akan dihasilkan.

Kelima Polygon geometrik terikat sebagian

 

Keenam Polygon tidak terikat

Demikian mengenai jenis – jenis polygon, untuk informasi lebih lanjut mengenai konsultan survey jalan dan jembatan silahkan menghubungi kami di 0813 3300 4422