Pendahuluan

melanjutkan tulisan sebelumnya tentang survey batimetri sungai, pada kesempatan kali ini, admin jasa survey batimetri akan merangkum kegiatan pelaksanaan survey batimetri  dengan focus utama pada dua bidang yakni :

  1. Tenaga kerja
  2. Metode pelaporan
namun sebelum membahas lebih lanjut, jika anda memiliki rencana kebutuhan jasa survey batimetri bisa klik disini

Tenaga kerja yang dibutuhkan pada pelaksanaan jasa survey batimetri adalah sebagai berikut :

Tenaga kerja konsultan jasa survey batimetri

Tenaga ahli

  1. Team leader
    Persyaratan minimal berpendidikan Sarjana (S-l) Teknik Pengairan / Teknik Sipil, lulusan universitas/ perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta yang telah diakreditasi,atau yang telah lulus ujian negara atau perguruan tinggi luar negeri yang telah diakreditasi dan berpengalaman minimal 4 (empat) tahun, berdedikasi tinggi, memiliki kepemimpinan dan dapat bekerjasama dengan pihak lain mempunyai SKA Ahli Teknik Sumber Daya Air sub klasifikasi Ahli Pengembangan Wilayah Sungai atau Ahli Sungai dan Danau dengan no kode (211).
  2. Tenaga Ahli Hidrologi
    Tenaga ahli yang disyaratkan adalah Sarjana Teknik Sipil /Pengairan Strata-1 (SI) lulusan universitas/perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta yang telah diakreditasi atau yang telah lulus ujian negara atau perguruan tinggi luar negeri yang telah diakreditasi yang berpengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun.
    Tenaga ahli tersebut tugas utamanya adalah sebagai koordinator kegiatan Analisis Hidrolika dan Desain Hidrolis untuk Bangunan Pengaman Sungai yang diperlukan untuk perencanaan dan bertanggung jawab kepada Team Leader mempunyai SKA Ahli Teknik Irigasi (212) atau mempunyai SKA Ahli Sumber Daya Air sub klasifikasi ; Ahli pengembangan Wilayah Sungai atau Ahli Sungai dan Danau atau Ahli bendung dan bendungan atau Ahli Irigasi dan Drainase Lahan dengan no kode (211)
  3. Tenaga Ahli  Geodesi
    Persyaratan minimal berpendidikan Sarjana Teknik (S-l) jurusan Teknik Geodesi lulusan universitas / perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta yang telah diakreditasi atau yang telah lulus ujian negara atau perguruan tinggi luar negeri yang telah diakreditasi yang berpengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun mempuyai SKA Ahli Geodesi dengan no kode (217) .
  4. Ahli lingkungan
    Tenaga ahli yang disyaratkan adalah Sarjana Teknik Lingkungan Strata-1 (SI) lulusan universitas/perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta yang telah diakreditasi atau yang telah lulus ujian negara atau perguruan tinggi luar negeri yang telah diakreditasi yang berpengalaman sekurang-kurangnya (tiga) tahun mempunyai SKA Ahli Teknik Lingkungan dengan no kode (501).

Tenaga pendukung

  1. Juru ukur / surveyor
    Berpendidikan minimal lulusan STM Sipil / Bangunan Air, berpengalaman dalam pengukuran pekerjaan irigasi dan atau bendung / waduk, sekurang – kurangnya 3 (tiga) tahun.
  2. Administrasi / keuangan
    Berpendidikan minimal SLTA/sederajat, berpengalaman dalam bidang administrasi.
  3. Operator komputer
    Lulusan SMK jurusan sipil atau Bangunan air atau SLTA dengan dengan pengalaman kerja sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun dalam melaksanakan pelaporan
  4. Sopir
    Berpendidikan minimal SLTA / sederajat.
  5. Tenaga lokal
    Berpendidikan minimal SD / sederajat, membantu dalam kegiatan proses inventarisasi lapangan.

Pelaporan konsultan jasa survey batimetri

Laporan survey batimetri sungai Mahakam Samarinda

Jenis laporan yang harus diserahkan kepada pengguna jasa adalah :

Rencana mutu kontrak

Laporan Rencana Mutu Kontrak, berisi tindakan yang sistematis dan terencana demi pencapaian tingkat mutu yang diinginkan. Laporan ini dibuat rangkap 3 (tiga) serta harus diasistensikan pada tim uji mutu pekerjaan terlebih dahulu. Diserahkan paling lambat 1 minggu setelah penandatanganan kontrak.

Laporan bulanan

Laporan ini dibuat setiap bulan, diserahkan paling lambat awal bulan sesuai persetujuan dari direksi pekerjaan. Laporan ini harus menguraikan kemajuan/ progress pekerjaan secara keseluruhan, masalah yang dihadapi serta rencana kerja berikutnya. Selain itu diuraikan juga hambatan/kendala-kendala yang harus dihadapi dan rencana cara penyelesaiannya (notulen rapat termasuk keputusan yang diambil juga harus dilampirkan dalam laporan bulanan).

Ketentuan laporan bulanan survey batimetri sungai adalah :

laporan ini ditanda tangani oleh pemimpin tim penyedia jasa / team leader dan direksi pekerjaan yang bersangkutan, berisi:

  • Uraian permasalahan, hambatan, dan temuan pada bulan tersebut.
  • Daftar kegiatan yang dilakukan pada bulan tersebut.
  • Daftar rencana kegiatan pada bulan berikutnya.
  • Mobilisasi dan demobilisasi personil, daftar hadir personil, dan kegiatan masing masing pada bulan tersebut.
  • Realisasi prestasi kemajuan pekerjaan yang disetujui oleh direksi.

Laporan pendahuluan

Laporan pendahuluan diserahkan tidak lebih satu bulan setelah dimulainya pekerjaan. Laporan awal mencakup perubahan lingkup dan jadwal (bila ada). Rencana kegiatan meliputi seluruh masa pelaksanaan, pendekatan pekerjaan, dan metode yang digunakan. Laporan ini dibuat rangkap 3 (tiga) serta harus diasistensikan pada direksi pekerjaan terlebih dahulu, diserahkan paling lambat 1 bulan setelah penandatanganan kontrak, berisi:

  1. Hasil kajian awal pekerjaan yang sudah dikerjakan dan masalah yang ada untuk didiskusikan.
  2. Rencana kerja penyedia jasa secara menyeluruh.
  3. Mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung lainnya.
  4. Jadwal kegiatan penyedia jasa.

Laporan antara

Laporan Antara berisi hasil sementara pelaksanaan pekerjaan. Laporan ini dibuat rangkap 3 (tiga) serta diasistensikan pada direksi pekerjaan, diserahkan paling lambat 3 bulan setelah penandatanganan kontrak, berisi:

  1. Hasil kajian lingkungan dan sosial terhadap aktifitas penambangan yang dilakukan oleh masyarakat baik secara tradisional maupun dengan menggunakan alat berat di sungai mulai dari hulu sampai dengan hilir sungai / muara sungai.
  2. Inventarisasi Kondisi sarana dan prasarana sungai sepanjang sungai pada DAS.
  3. Inventarisasi para penambang pada sungai.
  4. Hasil kajian analisa sedimen transport.
  5. Hasil Kajian Pemodelan Zonasi Sungai meliputi daerah sempadan sungai, pemanfaatan lahan dan pengambiian material non logam (sirtu) di sepanjang sungai  dan sekitar mulai dari hulu sampai dengan hilir.

Laporan akhir

Laporan Akhir berisi keseluruhan kegiatan awal hingga akhir, dibuat 5 (lima) buku dan dicopy dalam bentuk harddisk eksternal digabung dengan laporan lainnya. Seluruh master laporan pekerjaan ini disimpan dengan baik oleh pihak penyedia jasa dan apabila pihak Direksi membutuhkan untuk digandakan lagi penyedia jasa harus segera menyerahkan sementara untuk digandakan.

Laporan ringkas

Merupakan ringkasan dari Laporan Akhir dan kesimpulan penting yang didapat dari hasil akhir pekerjaan, dibuat rangkap 5 (lima) diserahkan bersamaan dengan penyerahan laporan akhir

Laporan inventarisasi

Hasil yang diperoleh dari kegiatan inventarisasi bangunan dan jaringan di lapangan yang dilengkapi sketsa dan foto.

Laporan hasil survey topografi

  1. Metode pelaksanaan pengukuran

2. Volume kegiatan pengukuran

3. Dokumentasi kegiatan pengukuran

Buku ukur hasil perhitungan

Buku ukur dan hasil Perhitungan, berisi:

  1. Data – data hasil pengukuran (poligon, waterpas, situasi).
  2. Diskripsi BM / CP,
  3. Sket gambar lokasi titik ikat / BM / CP,
  4. Elevasi BM dan koordinat,
  5. Photo BM / CP tersebut sebelum dipasang,
  6. Photo BM / CP tersebut setelah dipasang

Gambar / drawing

Laporan nota perhitungan

Laporan Analisis Hidrologi, Hidrolika dan Sampel Sedimen Transport

Album gambar

berupa peta tematik dengan skala 1 : 5.000 untuk bagian sungai yang ada aktifitas penambangan dan peta tematik skala 1 : 25.000 untuk bagian sungai yang tidak ada aktifitas penambangan mulai dari hulu sampai dengan hilir sungai. Peta dicetak berwarna dengan ukuran AO sedangkan file peta dalam bentuk SHP diserahkan kepada pihak direksi. 1 (satu) set, diserahkan bersamaan dengan penyerahan laporan akhir yang telah dibahas/dipresentasikan dan telah mendapat persetujuan Direksi pekerjaan

Peta foto udara digital

  1. Skala 1 : 1000, untuk panjang 20 km ( dalam bentuk soft copy/CD)
  2. Skala 1 ; 5000, untuk panjang 20 km ( dalam bentuk soft copy/CD) dan hardcopy /album gambar)

Peta garis digital

  1. Skala 1 : 5000, untuk panjang 20 km ( dalam bentuk soft copy/CD)
  2. Skala 1 : 5000, untuk panjang 20 km ( dalam bentuk soft copy/CD dan hardcopy /album gambar)

Pelaporan dalam bentuk soft copy

Menyerahkan DVD dan Eksternal harddisk 2 T B : Penyedia jasa wajib menyerahkan semua laporan (termasuk proses analisa)dan album gambar dalam bentuk file original dan ebook format .pdf dan shp untuk gambar, untuk masing masing pelaporan yang dicopy ke dalam D V D dan Eksternal HD 2 TB termasuk hasil U A V yang telah diedit ( final ) dalam bentuk movie (minimal Full HD).