Pendahuluan

admin jasa survey pengukuran topografi tanah > llmu pengukuran tanah merupakan bagian dasar dari ilmu yang lebih luas yang dinamakan ilmu Geomatika.

Sejarah ilmu survey topografi tanah

Bentuk bumi elips

Bentuk bumi – 1

Bentuk bumi merupakan pusat kajian dan perhatian dalam Ilmu ukur tanah. Proses penggambaran permukaan bumi secara fisiknya adalah berupa bola yang tidak beraturan bentuknya dan mendekati bentuk
sebuah jeruk. Hal tersebut terbukti dengan adanya pegunungan, Lereng-lereng, dan jurang jurang. Karena bentuknya yang tidak beraturan maka diperlukan suatu bidang matematis. Para pakar kebumian yang ingin
menyajikan informasi tentang bentuk bumi, mengalami kesulitan karena bentuknya yang tidak beraturan ini, oleh sebab itu, mereka berusaha mencari bentuk sistematis yang dapat mendekati bentuk bumi.

Awalnya para ahli memilih bentuk bola sebagai bentuk bumi. Namum pada
hakekatnya, bentuk bumi mengalami pemepatan pada bagian kutub kutubnya, hal ini terlihat dari fenomena lebih panjangnya jarak lingkaran pada bagian equator di bandingkan dengan jarak pada lingkaran yang melalui kutub utara dan kutub selatan dan akhirnya para ahli memilih Ellipsoidal atau yang dinamakan ellips yang berputar dimana sumbu
pendeknya adalah suatu sumbu yang menghubungkan kutub utara dan sumbu kutub selatan yang merupakan poros perputaran bumi, sedangkan sumbu panjangnya adalah sumbu yang menghubungkan equator dengan equator yang lain dipermukaan sebaliknya

Bentuk bumi – 2

Bentuk bumi yang asli tidaklah bulat sempurna (agak lonjong) namun
pendekatan bumi sebagai bola sempurna masih cukup relevan untuk sebagian besar kebutuhan, termasuk penentuan kedudukan dengan tingkat presisi yang relatif rendah.

Pada kenyataannya kita ingin menyajikan permukaan bumi dalam bentuk bidang datar. Oleh sebab itu, bidang bola atau bidang ellipsoide yang akan dikupas pasti ada distorsi atau ada perubahan bentuk karena harus ada bagian dari bidang speroid itu yang tersobekan dengan kenyataan tersebut didekati dengan perantara bidang proyeksi.

Bidang proyeksi ini terbagi dalam tiga jenis, yaitu :

  1. Bidang proyeksi bidang datarnya sendiri atau dinamakan perantara azimuthal dan zenithal.
  2. Bidang perantara yang berbentuk kerucut dinamakan bidang perantara
    conical.
  3. Bidang proyeksi yang menggunakan bidang perantara berbentuk silinder yang dinamakan bidang perantara cylindrical.

Terbukti, bahwa bentuk bumi itu dapat dianggap sebagai bentuk ruang yang terjadi dengan memutar suatu ellips dengan sumbu kecilnya sebagai sumbu putar.

Maksud

Ilmu Geodesi mempunyai dua maksud :

  1. Maksud ilmiah : menentukan bentuk permukaan bumi.
  2. Maksud praktis : membuat bayangan yang dinamakan peta dari sebagian besar atau sebagian kecil permukaan bumi.

Pada maksud kedua inilah yang sering disebut dengan istilah pemetaan atau llmu pengukuran tanah.

Pengukuran tanah dan pemetaan (lahan) pada dasarnya dapat dibagi 2, yaitu :

  • Geodetic Surveying :
    Yaitu suatu pengukuran untuk menggambarkan permukaan bumi pada bidang melengkung / ellipsoida / bola. Selain itu Geodetic Surveying adalah llmu, seni, teknologi untuk menyajikan informasi bentuk kelengkungan bumi atau pada keiengkungan bola.
  • Plan Surveying :
    Yaitu merupakan llmu seni, dan teknologi untuk menyajikan bentuk permukaan bumi baik unsur alam maupun unsur buatan manusia pada bidang yang dianggap datar. Plan surveying di batasi oleh daerah yang sempit yaitu berkisar antara 0.5 derajat x 0.5 derajat atau 55 km x 55 km.

Ilmu pengukuran tanah

Ilmu pengukuran tanah pada dasarnya terdiri dari tiga bagian besar yaitu :

  1. Pengukuran kerangka dasar Vertikal (KDV)
  2. Pengukuran kerangka dasar Horizontal (KDH)
  3. Pengukuran Titik-titik Detail

Demikian pengantar sejarah ilmu pengukuran topografi tanah yang dirangkum oleh admin jasa survey pengukuran topografi tanah.

Untuk konsultasi mengenai jasa pengukuran topografi tanah klik disini
atau disini
Pekerjaan perencanaan baik
Pemda DKI
Mabes Hankam
20 maret 2021
Hasil pekerjaan sangat baik
Jasa pengukuran cetak sawah modern
4
51star1star1star1star1star
Jasa Pengukuran Topografi Tanah
Jasa pengukuran sawah Halim Jakarta
Call
idr 1000
Yes
Available in Stock