Pendahuluan

admin jasa survey topografi |||Pada pekerjaan penyusunan DED khusunya konsultan jalan di kawasan pantai, maka admin jasa survey pengukuran merangkum dengan fokus utama pada tenaga ahli dan peralatan yang dipergunakan.

Tim pelaksanaan DED

Ketua Tim (Team Leader)

Ketua Tim (Team Leader) disyaratkan Sarjana Teknik Sipil Transportasi / Jalan Raya, berpengalaman dalam bidang perencanaan pekerjaan jalan 9 tahun atau S2 pengalaman 5 tahun, mempunyai SKA Madya Ahli Teknik Jalan (kode : 202) serta mempunyai NPWP, mengetahui dengan baik proses perencanaan dengan permasalahannya.

Sebagai ketua tim, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa pelaksanaan penuh sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai.

Menguasai metoda disain jalan atau Road Design System yang sedang dikembangkan oleh Dinas Bina Marga Kota Semarang, maupun metoda teknik perkerasan khusus yang dipakai pada kondisi tertentu.

Tugas dan tanggung jawab kepala team meliputi :

  • Mengkoordinasikan semua personil yang terlibat dalam pekerjaan ini sehingga bisa menghasilkan pekerjaan seperti tertuang dalam Dokumen KAK ini.
  • Mempersiapkan  petunjuk  teknik  dari  setiap  kegiatan perencanaan jalan.

Tenaga Ahli Teknik Transportasi

Tenaga Ahli teknik Sipil transportasi lulusan universitas negeri atau swasta yang telah disamakan yang disyaratkan S1 pengalaman 5 tahun atau S2 dengan disiplin ilmu yang sama pengalaman 1 tahun, mempunyai SKA Muda Ahli Teknik Jalan (kode : 202) serta mempunyai NPWP Tugas dan kewajibanya meliputi :

  • Mengendalikan dan mengatur personil yang mengadakan survai lapangan. Menganalisis seluruh data-data lapangan.
  • Bertanggung jawab atas semua hasil perhitungan dan analisa dari data lalu lintas yang dibutuhkan.
  • Bertanggung jawab atas hasil perhitungan perencanaan geometrik jalan.

Tenaga Ahli Geoteknik

Tenaga ahli teknik sipil/Geologi lulusan universitas negeri atau swasta yang telah disamakan yang disyaratkan disyaratkan S1 pengalaman 5 tahun atau S2 dengan disiplin ilmu yang sama pengalaman 1 tahun, mempunyai SKA Muda Ahli Geoteknik (kode 216) serta mempunyai NPWP Tugas dan kewajibannya meliputi :

– Mengendalikan semua personil yang terlibat dalam pekerjaan penyelidikan bahan / material baik di lapangan maupun di laboratorium serta menyusun rencana kerjanya.

– Memeriksa hasil pengujian dan membuat laporan analisisnya. – Bertanggung jawab atas semua pengujian dan penyelidikan material / bahan.

Tenaga Ahli Teknik Struktur

Tenaga ahli teknik sipil lulusan universitas negeri atau swasta yang telah disamakan yang disyaratkan S1 pengalaman 5 tahun atau S2 dengan disiplin ilmu yang sama pengalaman 1 tahun, mempunyai SKA Muda Ahli Teknik Jembatan (kode : 203) serta mempunyai NPWP .

Tugas dan kewajibannya meliputi :

  • Mengendalikan semua personil yang terlibat dalam pekerjaan penyelidikan kondisi di lapangan maupun di laboratorium berkaitan dengan pekerjaan struktur yang dibutuhkan (jembatan, gorong-gorong, fly-over, dll) serta menyusun rencana kerjanya.
  • Memeriksa hasil pengujian dan membuat laporan analisisnya.
  • Bertanggung jawab atas semua pengujian, penyelidikan, analisis dan perhitungan desain struktur pelengkap jalan yang dibutuhkan.

Tenaga Ahli Teknik Geodesi

Tenaga ahli teknik sipil/geodesi lulusan universitas negeri atau swasta yang telah disamakan yang disyaratkan S1 pengalaman 5 tahun atau S2 dengan disiplin ilmu yang sama pengalaman 1 tahun, mempunyai SKA Muda Ahli Geodesi (kode : 217) serta mempunyai NPWP .

Tugas dan kewajibannya meliputi :

  • Mengendalikan semua personil yang terlibat pengumpulan data geodesi dan penggambaran.
  • Memeriksa rencana kerja di lapangan dan hasil perhitungan pengumpulan data.
  • Bertanggung jawab pada hasil pengumpulan data, perhitungan yang diperlukan dan hasil penggambarannya.

Tenaga Ahli Teknik Pantai

Tenaga ahli teknik Sipil/kelautan lulusan universitas negeri atau swasta yang telah disamakan yang disyaratkan S1 pengalaman 5 tahun atau S2 dengan disiplin ilmu yang sama pengalaman 1 tahun, mempunyai SKA Muda Ahli Teknik Rawa dan Pantai (kode : 213) serta mempunyai NPWP .

Tugas dan kewajibannya meliputi :

  • Mengendalikan semua personil yang terlibat pengumpulan data tentang kondisi pantai/batas darat dan laut
  • Memeriksa rencana kerja di lapangan dan hasil perhitungan pengumpulan data.
  • Bertanggung jawab pada hasil pengumpulan data, perhitungan yang diperlukan dan hasil rekomendasi.

Tenaga Ahli Estimator

Tenaga ahli teknik Sipil lulusan universitas negeri atau swasta yang telah disamakan yang disyaratkan S1 pengalaman 5 tahun atau S2 dengan disiplin ilmu yang sama pengalaman 1 tahun, mempunyai SKA Muda Ahli Teknik Jalan (202) serta mempunyai NPWP Tugas dan kewajibannya meliputi :

  • Mengadakan analisis perhitungan harga satuan mengumpulkan data harga bahan/material serta peralatan untuk kegiatan konstruksi yang sedang berjalan sebagai pembanding.
  • Menghitung kuantitas dari bahan dan kebutuhan yang lain sesuai dengan disain yang ada.
  • Bertanggung jawab atas perhitungan harga dan biaya konstruksi sesuai dengan disainnya.
  • Menyusun dan menyiapkan laporan-laporan dokumen pelelangan dan dokumen kontrak untuk setiap pembagian pelaksanaan yang telah ditetapkan.

Tenaga pendukung

Dalam menyelesaikan pekerjaannya tenaga-tenaga ahli tersebut di atas dapat dibantu oleh beberapa Tenaga Pendukung lainnya seperti :

  • Tenaga Asisten adalah lulusan S0/D3 dengan pengalaman 4 (empat) tahun di bidangnya
  • Drafter, Sekretaris, Surveyor, Operator komputer, Pelayanan Kantor dan lainnya
  • Jumlah tenaga penunjang yang diperlukan disesuaikan dengan kebutuhan.

Daftar Peralatan

konsultan jasa survey topografi

Peralatan yang digunakan untuk pekerjaan ini meliputi :

  1. Perangkat komputer,
  2. GPS,
  3. Kamera,
  4. Counter,
  5. Rol meter,
  6. Water pas,
  7. Total Station,
  8. Drone,
  9. LCD projector dan
  10. Peralatan penunjang lainnya.

Demikian uraian mengenai tenaga ahli dan peralatan yang dipergunakan pada pekerjaan penyusunan DED khusunya konsultan jalan di kawasan pantai.

Untuk konsultasi mengenai konsultan jasa pengukuran topografi tanah silakan menghubungi admin klik disini atau disini