Survei Batimetri

Survei Batimetri. Bagi beberapa manusia biasanya penglihatan ini lebih jauh lebih penting dari pendengaran. Hal tersebut disebabkan cahaya ini dapat menembus lapisan atmosfer lebih jauh jika kita bandingkan dengan bunyi.

Hal tersebut pun menyebabkan penglihatan manusia jadi lebih baik. Tapi hal tersebut beda untuk hewan yang ada didalam laut, karena bagi mereka pendengaran jauh lebih penting.

Hal tersebut disebabka oleh bunyi yang melewati air dengan cukup baik, hal tersebut menjadikan pelacakan jadi lebih baik. Misalnya untuk echo sounding dan juga nyanyian dari ikan paus. Sebuah cahaya memang cukup sulit menembus air, hal tersebut menjadikan lautan ini gelap.

Survei Batimetri – Mengenal Cahaya dan Juga Bunyi di Laut

Survei Batimetri – Cahaya Bawah Air

Cahaya ini dihasilkan dari bentuk radiasi elektromagnetik yang tetap bergerak dengan kecepatan yang bisa mencapai 3 X I 0 1 ms didalam ruang yang hampa.

Para oseanografer cukup tertarik dengan cahaya yang ada di bawah air, biasanya konteknya diantaranya mengenai penglihatan dan juga mengenai fotosintesis.

Saat sebuah cahaya ada di dalam air maka intensitasnya akan berkurang secara eksponensial dari titik sumbernya. Biasanya skala cahaya pada tiap kedalam juga akan berbeda-beda. Proses hilangnya intensitas cahaya secara eksponensial biasanya disebut atenuasi.

Survei Batimetri – Penyebab Hilangnya Intensitas Cahaya

1.Penyerapan

Biasanya melibatkan konversi dari sebuah energi elektromagnetik berubah ke dalam bentuk yang lain. salah satu contohnya adalah fotositesis. Beberapa penyerap yang ada dalam air laut diantaranya ada:

  • Alga, biasanya mereka menggunakan cahaya ini untuk jadai sumber energi mereka saat melakukan proses fotosintesis.
  • Bahan organik serta inorganik dalam suspensi
  • Senyawa organik yang terlarut
  • Air yang biasa disebut seston

2.Penyebaran

Merubah arah untuk energi elektromagnetik biasanya menggunakan basil multi refleksi yang di hasilkan oleh partikel yag tersuspensi. Penyebaran ini biasanya mengarah ke kedepan dan ada di sudut yang kecil, terkecuali partikel yang ada ini sangatlah kecil, jadi jalur untuk penyebaran dari cahaya sampai dengan sedikit terdefleksi dari pertama proses penyebarannya.

Jadi saat semakin banyak suspense akan menyebabkan air jadi keruh dan menyebabkan tingkat untuk penyerapan serta penyebarannya semakin besar. Air yang ada di pantai memang cenderung lebih keruh.

Beban untuk suspensi yang dibawa dari sungai memang sudah dalam keadaan tersuspensi, hal tersebut tentunya disebabkan gelombang serta arus pasang surut yang menjadikan sendimen yang ada di dasar teraduk.

Biasanya sungai ini mengsupyl perairan yang ada di pantai dengan berbagai nutrient, nutrient ini membantu untuk mendukung tumbuhnya fitoplankton dibantu dengan senyawa organic yang lainnya. Jika air yang terlihat cukup jernih, biasany air jernih ini ada di tengah laut. Hl tersebut menunjukan konsentrasi nutriennya rendah.

Dalam proses fotosintesis pengaruh dari panjang untuk gelombang cahaya cukup berperan penting. Hal ini dikarenakan pada zona fotik dan juga lantai laut menyebabkan tumbuhan tidak bisa bertahan hidup dengan lama karena intensitas cahayanya kurang untuk proses fotosintesis.

Hal yang perlu Anda tahu bahwa cahaya ini tidak bisa menembus air lebih dari 1000 m, hal ini menjadikan tidak semua lautan disinari cahaya. Cahaya pada laut dalam hanya dihasilkan dari berbagai organisme sert ikan yang ada di sana. Jadi sudah dapat di pastikan jika kedalam laut di bawah 1000 m sudah tidak lagi mendapatkan cahata dari sinar matahari.

Butuh Survei batimetri Anda bisa menggunakan jasa kami, untuk info lebih lanjut bisa klik disini!