Surveyor Batimetri Jakarta - Penggunaan Model Laut Hidrografi

Jasaukur.com – Surveyor Batimetri Jakarta – Pada umumnya, model laut ini memang sudah yang dikembangkan oleh beberapa negara yang sudah maju, hal tersebut bertujuan untuk memprediksi berbagai parameter oseanografi dan juga meteorologi.

Dari hasil model ini kemudian diintegrasikan dengan hasil dari observasi atau survei batimetri supaya dapat membentuk sebuah sistem informasi yang bentuknya digital supaya nantinya mudah digunakan oleh user.

Beberapa negara tentu saja sudah menerapkan sistem ini. Untuk lebih jelasnya yuk mari kita simak penjelasannya dibawah ini:

Surveyor Batimetri Jakarta- Penggunaan Model Laut Hidrografi

Surveyor Batimetri Jakarta – Negara yang memakai Model Laut hidrografi

Dari Amerika serikat ada Operasional Forescast System

Pemanfaatan hasil prediksi dari model yang ada di Amerika Serikat ini sudah dikembangkan dan juga dikelola oleh The National Oceanic and Atmospheric Administration atau biasa disingkat NOAA. Programnya yang sudah mereka miliki dikenal dengan Operational Nowcast and Forecast Hydrodynamic Model Systems (OFS).

Sistem OFS ini sudah terintegrasi dengan prediksi dari model hidrodinamika yang ada di laut dan juga dengan observasi bagi berbagai jenis sistem perairan yang ada di negara Amerika Serikat, contohnya bisa untuk pesisir dan laut, hingga sungai.

Tujuan dari NOAA ini yaitu untuk membangun sistem yang bisa mendukung penyediaan prediksi data pada oseanografi dan meteorology.

Baca juga:

Dari Jerman ada The operational model system

Guna emenuhi prediksi dari kondisi fisik laut di Laut yang ada di bagian Utara (North Sea) dan juga Laut Baltik pemerintah dari Jerman mencoba untuk menggunakan simulasi dari model laut yang sudah dikelola oleh Bundesamt für Seeschifffahrt dan Hydrographie.

Dari adanya sistem yang satu ini makan diperoleh data hasil prediksi harian untuk temperatur, salinitas, muka air, arus, dan kondisi es di laut. Proses pengembangan yang satu ini juga di dukung oleh beberapa institusi nasional di jerman.

Dari inggris ada Operational Ocean Forecasting

Sistem operasional untuk prediksi laut di negara Inggris juga merupakan bagian dari The National Centre for Ocean Forecasting (NCOF). Lembaga in berdiri dari berbagai jenis institusi penelitian yang terkait denga iklim dan juga kelautan

NCOF ini juga menyatukan para ahli dari berbagai jenis institusi guna mengembangkan serta mengelola pusat operasional untuk oseanografi di negara Inggris. NCOF juga telah menyediakan operasional yang memprediksi dan observasi untuk perairan Inggris.

Dari Inggris ada Ocean DIVA

Sekarang, salah satu aplikasi yaitu Ocean DIVA sudah diimplementasikan di sebuah pusat riset pada Universits Reading yang ada di Inggris. Aplikasi web yang satu ini berbasis java dengan menggabungkan berbagai data laut dari hasil observasi dan juga keluaran model laut.

Seluruh data hasil observasi dan juga model ini kemudian disajikan dalam bentuk data visualisasi, yang dapat dengan mudahnya untuk diaplikasikan dengan menggunakan Google earth atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi global virtual yang bebas untuk mengaksesnya.

Aplikasi ini tentu saja memiliki keungulan yaitu sumber data masukan dapat diakses dengan mudajh dari data server local atau bisa juga dari data worldwide, jadi datanya dapat diakses dengan bebas.

Data dari hasil simulasi model dan juga observasi kemudian dibandingkan. Proses perbandingan ini dilakukan tujuannya untuk membandingkan secara visual tentang perbedaan warna dari lokasi data hasil observasi.

Dari Kanada ada Oceanic Forecast

Hasil dari Prediksi data oseanografi dari Teluk dan juga Sungai St. Lawrence yang ada di Kanada, dibuat oleh divisimodeling dan juga operasional oseanografi yang terletak di the Canadian Hydrographic Service. Divisi yang satu ini adalah bagian dari sebuah Institute Lamontagne, dan juga Departemen dari Perikanan serta Laut yang ada di Kanada.

Semua data dari hasil prediksi ini dihasilkan dari sebuah simulasi model numerik yang berbentuk tiga dimensi, semuanya ini tentunya dipengaruhi kondisi pasang surut serta debit air yang berasal dari Sungai St. Lawrence. Selain itu kondisi dari atmosfer dan perubahan dari es yang ada di laut ikut berpengaruh.

Untuk keperluan jasa survey batimetri bisa menghubungi kami, fast response 0813 3300 4422. Terimakasih