Contents

Peran Jasa Survey Pemetaan

Jasa survey pemetaan adalah layanan yang menyediakan pengukuran dan pemetaan lahan, baik untuk keperluan perencanaan konstruksi, maupun analisis geografis.

Penjelasan Jasa Survey Pemetaan

Ditinjau dari scope pekerjaan, maka jasa survey pemetaan dapat dijelaskan sebagai berikut ini :

  1. Pemetaan Perencanaan Kontruksi :
    1. Perencanaan Sarana & Prasaran

Jalan raya :

Jalan raya adalah jalan utama yang menghubungkan satu kawasan dengan kawasan yang lain. Jalan raya biasanya memiliki ukuran yang lebih besar, lebar, dan dilapisi aspal serta bisa dilewati dari dua arah berlawanan. Jalan raya memiliki fungsi penting dalam transportasi barang dan orang, baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional.

Jalan raya juga dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di suatu tempat karena menolong orang untuk pergi dan komoditas dapat mengalir ke pasar setempat dan hasil ekonomi dari suatu tempat dapat dijual kepada orang lain. Jalan raya dapat beragam jenisnya, termasuk jalan tol, jalan arteri, jalan kolektor, jalan lokal, dan lain-lain.

Jembatan :

Jembatan adalah struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api, atau jalan raya. Jembatan dapat beragam jenisnya, termasuk jembatan gantung, jembatan tol, jembatan ponton, dan lainnya. Konstruksi jembatan adalah suatu konstruksi bangunan yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang alur sungai, saluran irigasi, jalan kereta api, waduk, dan lain-lain.

Beberapa contoh jembatan terkenal di Indonesia antara lain Jembatan Ampera di Palembang.

Bangunan saluran drainase :

Saluran drainase, atau drainase, adalah sistem saluran yang digunakan untuk mengalirkan air secara alami atau buatan dari suatu tempat, baik dari permukaan maupun bawah permukaan. Saluran ini berperan penting dalam mengatur aliran air untuk mencegah genangan air dan banjir, serta untuk mengontrol kualitas air tanah.

Baca Juga :  Surveyor Topografi Balikpapan

Drainase dapat dibedakan menjadi drainase alami, yang terbentuk secara alami akibat gerakan air, dan drainase buatan, yang sengaja dibuat oleh manusia untuk tujuan tertentu. Jenis drainase juga dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti berdasarkan sejarahnya, konstruksi, peletakan salurannya, dan bentuk salurannya

    1. Analisis Geografis :

Analisis geografis adalah proses yang digunakan untuk mengubah data spasial menjadi informasi yang dapat dimengerti dan diinterpretasikan oleh pengguna. Analisis ini melibatkan metode seperti analisis deskriptif, analisis inferensial, analisis jaringan, analisis buffering, dan analisis spasial. Hal ini berguna dalam memahami pola persebaran industri, kajian keruangan gejala dan masalah kehidupan manusia, serta pengolahan data spasial dalam Sistem Informasi Geografis (SIG).

Peralatan Jasa Survey Pemetaan

Kami menggunakan berbagai peralatan canggih seperti Peralatan yang digunakan dalam jasa survey pemetaan ini meliputi GPS Handheld, total station, theodolite, waterpass, dan teknologi laser scanning. Selain itu, penggunaan teknologi UAV (drone) untuk survey bathymetri juga menjadi perhatian dalam beberapa tahun terakhir untuk mendukung kegiatan survei dan pemetaan.

Layanan kami

Layanan yang biasanya ditawarkan meliputi :

  1. Survei topografi, Survei topografi adalah kegiatan pengukuran dan pemetaan lahan yang dilakukan untuk menentukan posisi dan elevasi suatu objek atau fitur alami di permukaan bumi. Survei topografi biasanya dilakukan dengan menggunakan peralatan canggih seperti GPS, total station, theodolite, dan teknologi laser scanning.
  2. Survei laser scanning, Survei laser scanning adalah teknologi survei dan pemetaan yang menggunakan sinar laser untuk memindai objek dan menciptakan model 3D yang akurat. Teknologi ini memiliki beragam fungsi, termasuk survei kondisi yang ada, verifikasi konstruksi, desain rekayasa, dan pemodelan 3D. Proses survei laser scanning memakan waktu sekitar 10 menit untuk satu posisi scan, dengan resolusi sekitar 6 mm pada jarak 10m.
Baca Juga :  Jasa Surveyor Topografi Mojokerto

Selain itu, alat ini dapat merekam objek yang terlihat, namun untuk objek yang terhalang, alat harus dipindahkan. Setelah pemindaian, data point cloud dan foto 360° dihasilkan. Peralatan yang digunakan dalam survei laser scanning meliputi laser scanner, target sphere, dan checkerboard. Teknologi ini digunakan dalam berbagai bidang, seperti rekayasa, perawatan fasilitas, pertambangan, dan pemodelan bangunan.

 

  1. Survei GPS/GNSS, Survei GPS/GNSS (Global Positioning System/Global Navigation Satellite System) adalah metode survei dan pemetaan yang menggunakan sinyal navigasi satelit untuk menentukan posisi dan waktu di berbagai lokasi di permukaan bumi. Teknologi ini digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk pengukuran bench mark, kontrol pemetaan, akuisisi titik acuan georeferensi, pengukuran volume, dan batas persil.

Peralatan yang digunakan dalam survei GPS/GNSS meliputi receiver GPS/GNSS, antena, dan perangkat lunak pemrosesan data. Teknologi GPS/GNSS memiliki keunggulan dalam akurasi, cakupan area yang luas, dan kemudahan penggunaan, serta telah menjadi pilihan utama dalam pemetaan geodetik modern.

  1. Survei bathymetri, Survei batimetri adalah proses penggambaran garis-garis kontur kedalaman dasar laut, yang melibatkan pengukuran, pengolahan, hingga visualisasinya. Tujuan utama dari survei batimetri adalah untuk mendapatkan data kedalaman dan konfigurasi/topografi dasar laut, yang penting untuk berbagai kegiatan seperti perencanaan, pelanatan, dan pengelolaan lautan.

Proses survei batimetri melibatkan beberapa langkah, seperti:

    1. Pengukuran: Menggunakan echosounder yang terpasang pada perahu untuk mengukur kedalaman dasar laut.
    2. Pengolahan: Menggunakan data yang diperoleh dari pengukuran untuk menghasilkan gambaran kedalaman dasar laut.
    3. Visualisasi: Menampilkan hasil pengolahan dalam bentuk gambar, yang dapat dianalisis dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan proyek.

Perusahaan Jasa Survey Pemetaan

Dalam era yang terus berkembang ini, pemahaman mendalam terhadap lingkungan dan lahan menjadi kunci utama bagi berbagai sektor industri. Sebagai perusahaan penyedia jasa survey pemetaan, kami berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik dan akurat dalam hal survei dan pemetaan.

Baca Juga :  Vendor Jasa Surveyor

Dengan menggunakan teknologi canggih dan tim profesional kami, kami telah berhasil membantu klien-klien kami mengoptimalkan pengelolaan lahan, memitigasi risiko, dan membuat keputusan yang berbasis data.

Ketepatan, ketelitian, dan keterampilan kami dalam menyediakan layanan survei pemetaan telah menjadi landasan kesuksesan kami. Kami memahami bahwa setiap proyek memiliki tantangan unik, dan kami siap untuk memberikan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik klien kami.

Kepercayaan yang diberikan kepada kami oleh klien-klien kami menjadi dorongan untuk terus mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas layanan. Kami berkomitmen untuk tetap menjadi mitra tepercaya dalam menjalankan proyek-proyek pemetaan, memberikan hasil yang dapat diandalkan dan berkontribusi pada keberlanjutan serta pertumbuhan sektor-sektor yang kami layani.

Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan kepada kami. Bersama-sama, mari kita terus membangun masa depan yang lebih baik melalui pemahaman yang mendalam terhadap wilayah dan lingkungan sekitar kita.

Hubungi kami untuk mendapatkan konsultasi dan penawaran biaya mengenai jasa survey pemetaan. Hp. 081333004422 email jonipramita2@gmail.com

Informasi terkait ;

  1. TOPCON Japan : Perusahaan induk alat – alat survey pemetaan.
  2. HOME
Summary